life is tough, so calm down….

cuma dan hanya menyalurkan hobi gw ^_^

Archive for the tag “pulkam”

Pulang kampung Part 3 -abis-

hayuuuukk.. yang udah nunggu postingan gw soal wisata kuliner, siap2 ngiler n mupeng yakss..

okeh, mim mulai ni..

Day 3 – masih di Amuntai

  • malam hari terakhir di Amuntai sebelum ke Banjarmasin dan akhirnya kembali ke Depok masih diisi dengan keliling kerumah saudara dan sekaligus pamitan. ga lupa juga masih dengan wisata kulinernya hehehe… makan terusssssss…
  • ada buah nama na buah Tarap. bentuknya kya nangka landak, tp versi mungilnya. rasanya manis kya gw ^_^ dan enak pastinya. biji buahnya bisa digongseng dan hasil akhirnya jadi kya kuaci.

tarap biji-tarap

  • ada juga bolu2 yang ga jauh beda bentuknya ma yg biasa. ada juga Kue Lam dan Kue Bingka Bakar. kue lam tu rasanya enak banget dech, manis tapi ada rasa gmn gitu. klo bingka bakar, gw ga terlalu suka bis terlalu lembek c ^_^

kue-lam bingka-bakar

  • apa lagi ya.. em.. lanjut, masih ada Apem Barabai -ini yg khas dari daerah Barabai, dibawain ma acil-

apem-barabai

  • ada lagi umbilala yang digoreng pake terigu khusus -khusus diracik sendiri dan rasa na enak banget, pengen belajar bikin tp dah mo pulang-

umbi

  • oia.. pas sarapan terakhir di Amuntai, dapet menu baru lagi. nama na Nasi Pundut. nasi Pundut t nasi yg dikukus tp dikasih santan diatas nasi na.. tu kan keliatan santen na. enaknya dimakan pake sambel + ikan asin yg ga asin ^_^

nasi-pundut nasi-pundutikan-asin

  • abis sarapan t sekitar jm7.30 pagi, gw mo keliling kota Amuntai dulu.. rencana na mo berangkat ke Banjarmasin jm9pagi, so.. buru2 d. dengan berjalan kaki, gw ngelilingin t kota. mulai dari tugu pahlawan, mesjid kota, rumah bupati, tugu bebek -khasnya amuntai-, RS, Mal yg dah kya rumah tak berpenghuni -Mal Amuntai a/ mal satu2 di Amuntai- dan terakhir adalah pasar. didalem pasar ini gw banyak menemukan makanan hohoho..

ketan2 campuran ketan kue2 kue3 bolu2

  • selama perjalanan ke Banjarmasin, kita juga mampir makan siang. makan apa hayuuu.. tebak donk?? halah, ga penting gitu. okeh, gw makan nasi ayam kampung bakar.. ayam kampung disana gede2 dan tinggi2 kali ya, bis panjang bener t paha. udah gitu ga keras dan rasanya makyusssss tenan..

ayam-kampung

  • lanjut, menuju ke Martapura sambil mampir dipusat kerajinannya, beli lah Klepon Buntut dan Cingkaruk. klo rasa, kya na ga usah gw kasih tw lagi.. wong enak bener ^_^

klepon-buntut cingkaruk

Day 4 – Banjarmasin

  • menunggu jadwal pesawat yg jam 6 sore, sekelurga mampir dulu dirumah kak udin ma kak dayah.
  • disana juga dijamu dengan makanan yg enak2. kya yg ini ni. makanan untuk sarapan pagi, ga tw namanya. ni makanan kya bubur sumsum.

sarapan

  • makan siang, diajak ke tempat makan paling terkenal di Banjarmasin. katanya klo lom makan disana, berarti lom pernah ke Banjarmasin. nama tempatnya Soto Banjar Bang Amat. tempatnya ada disebelah sungai martapura. makanan na enak. trs banyak foto2 artis yg makan disitu -lah.. apa hubungannya ya hehehe..- rame banget pastinya. sehari 300 mobil parkir disana -padahal halamannya ga gede loh-

soto-banjar

  • selesai makan, balik ke rumah kak udin n kak dayah, siap2 buat packing cos dah jm 4 sore.
  • berangkat kebandara dan go homeeeee…

kelar dech, part terakhirnya.. ntar klo da yg ngiler, gw ga tanggung jawab. klo dah yg mupeng, jangan liat blog gw. huehehehe…

Pulang Kampung Part 2

Day 2 – masih di Amuntai

  • hari kedua ini masih diisi dengan keliling kerumah saudara dan juga ke ziarah kemakam kakek na ibu. oia, hari sebelumnya gw jg dah diajak ziarah kemakam na Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. awalnya gw ga tw apa2 ni siapa beliau. ternyata saudara2!! dy adalah seorang yg sangat dicintai dan merupakan ulama besar (baca na menggebu2 gt) phuhhhh.. dan gw juga baru tw klo ternyata gw adalah salah satu keturunannya yang ke-6 (wew.. surprise!! kemana aja mim, koq baru tw?? bisa2 dicoret dari daftar keturunan ni hehehe.. padahal ibu dah bilang, cuma gw aja yg ga ngeh ^_^)
  • okeh, setelah agak merasa kaget, lanjutlah keliling kerumah saudara yang lain. dan wisata kuliner kita hari ini adalah Pais Sagu Pisang Lupis. mw?? gw dah bisa bikinnya t (sempet belajar dikit ma Julak Masni hehehe..)

img_5150

  • Lanjut lagi kerumah berikutnya yang tanpa henti2nya mengeluarkan makanan hohoho..

tailalakue

ini kue lupa ditanya namanya apa. didalam kue na ada gula merah gitu. temen buat makan kue t yang warna putih, nama na Tailala -mudah2n ga salah sebut- dibuat dari sari na santan.

jagung2

yang ini sama kya diDepok dan biasa disebut bakwan jagung. di Amuntai nama na c beda

ikan-baung

Ikan Bakar Baung.. klo inget rasa ikan na bikin mim pengen balik lg ke Amuntai. asliiii dah, enak banget!! ajiiiibbbbbb.. ^_^ klo ga salah ikan baung t jenis ikan termahal kedua yang da di Amuntai..

amparan-tatak

Amparan tatak namanya.. ni makanan yang paling mim suka selama disana. dibuat dari santen -ada 2 lapisan, atas ma bawah- tengahnya dikasih pisang yang banyak. soal rasa matabbbb dah.

kerupuk-tempe

Kerupuk Tempe. terasa banget tempe na. enak bener klo dimakan sambil nonton TV hohoho..

sambal-petis

Sambal Petis. dari namanya c seperti na sama kya yang ada di Jawa, tp ternyata laiiiinnn. rasanya manies campur sedikit asin, rada kecut dan pedas pastinya. dimakan untuk ngemil makanan, salah satu na adalah kerupuk tempe ^_^

sayur-lupa

ini sayur mirip banget ma Sayur Lodeh. btw, pada tw ga sayur lodeh tu apaan?? ^_^

telur-ikan

ini Telur Ikan yang ditumis. klo ga salah Telur Ikan Gabus. selain dagingnya yang legit banget, telur ikan na juga ueeennnaaakk banget.. -bikin laper semua orang hohoho-

okehhhh.. untuk pulkem part 2 na udah selesai.. masih ada 1 part lagi yang menyajikan wisata kuliner di Amuntai dan Banjarmasin ^_^

Post Navigation