Posted in adinda, arky, curhat, informasi, jualan yuks.., photo, rayyan, razzan, Uncategorized

Aku Sayang Ibu!

Tulisan setahun lalu yang sayang untuk dilewatkan. Kangen alm. Ibu. Kangen senyumnya, makanannya, perhatiannya, dan semua itu tak tergantikan oleh siapapun didunia ini. Jadi jangan harap ada yang mencoba menggantikannya #eh #keceplosan #curcol πŸ˜‚

——–

Buku favorite yang menceritakan berbagai macam mommy binatang yang menjaga dan membesarkan anaknya. Mommy2 itu aja selalu dan selalu menjaga anaknya dalam kondisi apapun, apalagi kita ya mak, para manusia?

Momen bacain buku ini sekaligus moment buat mengingatkan anak-anak loh. Bunda sayang Kakak, Mas, Abang, Adek. Klo kalian gimana? πŸ˜† Emak yang hobinya mengulang kalimat cintaaaah juga kah? πŸ˜…

Sekilas mengingat alm. Ibu yang dulu selalu ada buat mim.. 😘
Teman dekat masa SMP sampai waktu udah kerja, kalau mau main kerumah, maka yang mereka tanya adalah “Mim, Ibu ada dirumah ga?” 😱

Kenapa coba?
Ya karena kalau Ibu ada dirumah mereka pasti kenyang, aman, damai dan tentram.. πŸ˜…
Yang jadi kesukaan teman-teman adalah mereka bisa makan dan itu enak-enak hohoho..
Sejak pindah dan pisah dari rumah ibupun, ketika Ibu datang berkunjung, maka saatnya perbaikan gizi πŸ˜… Bahagia gitu dibawain banyak makanan wakakakak.. πŸ˜‚

Bahkan sampai sebelum Ibu meninggalpun, yang terbersit di orang yang terakhir ketemu Ibu sebelum paginya ibu ga sadarkan diri adalah pemberian makanan.

Ibu itu royal banget sama siapapun. Jadi apapun yang ditawari orang lain, pasti diambil. Apapun yang ada dirumah, paati diberikan kembali ke yang lain karena yaaaa ga habis-habis.. 😍

Sampai minggu lalu, mim masih berberes dan menemukan banyak baju/jilbab/pasmina/tas dll yang berlabel alias baru 😁
Banyak menemukan harta karun yang akhirnya dihibahkan ke orang lain 😊

Berkah ya Bu..
Dari orang lain buat Ibu..
Dari Ibu buat orang lain..

Aku Sayang Ibu! 😘
1y 3m after “the day”..
Al-Fatihah.. πŸ™

#AkuSayangIbu
#PuppetBooks
#PojokBacaDinda
#15MonthIbu
#AlFatihah

Posted in Uncategorized

Sushi Ala Bunda

Disaat 12.12 ada harbolnas dan mendadak kepengen beli nori lembaran yang besar, maka saatnya kita bikin “Sushi-sushian” ahahaha..
Kenapa namanya Sushi Ala Bunda, karena ini terinspirasi dari masakan beberapa emak di Cookpad, tapi berhubung ga mau ribet, Bunda langsung masukkin bahan yang ada aja πŸ™‚
Oiaaa, untuk sushi, pembuatannya kan digulung. Biasanya pakai bamboo roll mat atau sejenisnya. Naaah..Β kalau ga da, bisa pakai plastik kiloan yang dilebarin koq hehehe.. Soalnya aku begitu.Β Bamboo roll mat nya ketinggalan dirumahku, sedangkan aku lagi ngungsi dirumah bapak. Jadi bisa pakai apa aja yaaa mak ^^v

Kepo? sini merapat..

WhatsApp Image 2018-12-14 at 17.49.04

Sushi Ala Bunda
By Mirmayf

Bahan:

  • 3 centong nasi putih yang masih panas/hangat.
  • 2 sdm air jeruk nipis, 1 sdt garam dan 1 sdt gula.
  • 1 buah timun sayur, buang biji-bijian ditengahnya dan iris memanjang.
  • 1 buah alpukat matang, iris memanjang.
  • 2 telur yang dijadiin Egg Sheet TEGUNAΒ tanpa sisipan nasi, iris memanjang.
  • 300 gramΒ Saos daging kejuΒ yang sudah dikeringkan airnya. supaya tidak terlalu basah.
  • 5 lembar nori ukuran besar.

Cara buat:

  • Campur air jeruk nipis, garam, gula. Masukkan ke dalam nasi. Aduk-aduk sampai rata dan nasi menjadi pulen.
  • Siapkan nori dan letakkan diatas alas untuk menggulung.
  • Susun nori, kemudian nasi ditaruh tipis-tipis mengisi 1/3 dari panjang nori. Isi diatas nasi, timun, egg sheet, alpukat kemudian saos daging keju.
  • Gulung perlahan sambil diberi tekanan. beri olesan air diujung agar nori menempel.
  • Potong nori menggunakan pisau yang sudah dicelupkan kedalam air matang. fungsinya agar tidak lengket dan nori tidak hancur ketika dipotong.
Posted in Dapur Emak, informasi, kuliner, photo, Uncategorized

Telur Gulung Nasi

Masih seputar masak memasak yang sumpah, gampaaaaang banget. Ga pake ribet cyn.. Ada telur gulung nasi yang terinspirasi dari resep Egg sheetΒ nya mak lusy dari grup KAMI Dapur Emak.

Lah namanya keren amat ya? tapi sumpeeeh, ini mudah, meriah, kenyang hihihi.. ^^ Cuss lah langsung eksekusi aja.

WhatsApp Image 2018-12-06 at 06.30.17

Telur Gulung Nasi
Recook by Mirmayf

Bahan:

  • Telur ayam 2 butir
  • 1 sdm susu uht cair (waktu itu lagi ga da, jadi diganti air putih aja)
  • 1 sdm maizena
  • Sedikit garam
  • Sedikit Lada (optional)
  • 3 sdm nasi

Cara membuat:

  • Tuang susu UHT (atau air) dan maizena, aduk hingga rata.
  • Campur dengan telur, kemudian kocok hingga tercampur.
  • Lalu saring supaya ga da “grindil tepung”.
  • Goreng di pan anti lengket, tipis-tipis aja.
  • Masukkan nasi sebelum telur yg didadar kering.
  • Gulung perlahan dan terus tambah adonan telur dibagian pan yang masih kosong.
  • Potong-potong dan “TEGUNA” sudah bisa disantap anak yang mau sekolah tapi males makan hihihi..
Posted in Uncategorized

Saos Tomat Daging Keju

Ini adalah cerita ketikaaaaa.. Paksu datang dan membawa 1 kg daging cincang.. #Yuhuuuuuu

Saat bingung mendera, eh digrup Kelas Minat Dapur Emak – IIP Depok ngasih ide.. CRING!! Jadilah saos tomat daging keju. Lumayan mak, jadi punya stok saos yang nantinya siap pakai ketika kepepet belum sempat masak hehehe..

WhatsApp Image 2018-12-05 at 14.23.36

Bahan-bahannya :

  • Daging cincang 500 gram
  • Tomat merah 5 buah
  • Bawang putih 7 butir
  • Bawang bombay 1/2 butir (karena kehabisan stok)
  • Susu cair 400 ml
  • Keju 100 gram
  • Saos sambal 2 sdm
  • Lada bubuk 1 sdt
  • Kaldu jamur 1/2 sdt
  • Gula, garam secukupnya

Cara Membuat:

  • Didihkan air, masukkan tomat merah yg sudah dicuci bersih. ketika kulit tomat sudah mulai terkelupas, angkat dan haluskan. Sisihkan.
  • Cincang bawang putih dan bawang bombay.
  • Tumis bebawangan sampai harum, masukkan daging cincang yg sudah dicuci bersih. Jika daging sudah berubah warna, masukkan tomat yang telat dihaluskan.
  • Tunggu sampai mendidih dan mulai mengental. masukkan lada, gula, garam, kaldu. aduk rata.
  • Masukkan susu dan keju. Aduk sampai lebih mengental lagi. Sebenarnya bisa ditambahkan maizena biar lebih kental. Tapi lagi2 yang masak malas gerak ahahaha..
  • Tunggu sampai 5 menit. matikan kompor dan siap disajikan bareng pasta maupun nasi.

Hmm.. Yummy plus simple buat mim yaaaang begitulah kalau masak πŸ˜†
Oia, kalau mau pedas, tambah saos sambal atau cabe giling yang banyak yak. itu tadi porsinya anak2 biar ga kepedesan πŸ˜…

Posted in Uncategorized

Bolu Kukus

Kali ni grup KAMI Dapur Emak bikin tantangan untuk masak menu yg sama, yaitu bolu kukus. Seumur-umur ga pernah buat bolu kukus. Asli deh, siap2 ni kena kutukan atau ga. Dan hasil akhirnya adalah kena kutukan mingkem kakak wakakaka..

Kayanya ini sih penyebabnya karena tempatnya. kebetulan aku ga pakai mangkok buat bolkus. Pakainya kertas untuk buat cupcake. Udah gitu kertasnya kyanya agak lembab, jadilah sobek sana sini wakakak..
Jadi jangan heran klo captionnya “Mekar itu ke atas, bukan ke samping” wakakaka..

Gpp lah yaak.. yang penting dimakan anak2 dan mereka happy2 aja sama kue buatan emaknya yang sangat pas-pasan ini πŸ˜€

WhatsApp Image 2018-09-24 at 10.09.45

BOLU KUKUS
Recook Bolkus Fatmah Bahalwan

Bahan:

  • 450 gr gula pasir
  • 500 gr terigu
  • 1 sdt BP
  • 1 sdm SP
  • 4 butir telur
  • 300 cc susu/air/santan (mim pakai susu UHT)
  • Essence (mim pakai vanili cair)

Cara Membuat:

  • Ayak terigu dan BP, sisihkan.
  • Kocok telur, gula, dan SP sampai kental berjejak
  • Masukkan terigu dan susu, aduk rata. Tambahkan vanili, aduk rata.
  • Masukkan adonan kedalam cup sampai penuh, masukkan kedalam panci kukusan yang sudah mendidih.
  • Kukus selama 15 menit. Angkat dan sajikan.