Posted in Dapur Emak, kuliner

Nasi Kuning Rumahan (Rice Cooker)

Bisa dibilang si Mirma ini ga bisa masak atau nyoba masak. Eh pas cuti, ngerasa butuh banget masak memasak hehehe.. pas digrup Dapur Emak IIP Depok ada yang ngeshare naskun yg masaknya simple pake banget.

Langsung deh eksekusi. Rasanya enak sampai anak-anak ga berenti makan ini ahahaha.. nambah sampe 3 kali ni Abang Razzan. Daripada kepo, langsung aja mak ke dapur. Dijamin bikin nagih deh hehehe..

WhatsApp Image 2018-11-29 at 19.44.50

Nasi Kuning Rumahan (Rice Cooker)
Recook by Mirmayf

Bahannya:

  • Beras 5 cup
  • Santan cair 5 cup
  • Kunyit bubuk 1 sdm
  • 4 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh (geprek)
  • Gula, garam secukupnya

Cara masak:

  • Cuci bersih beras, masukkan kedalam rice cooker.
  • Masukkan santan cair. Oia sebelumnya santan aku masak dulu sambil diaduk terus menerus biar ga pecah (kata ibuku dulu begitu) 😆
  • Masukkan semua bumbu dan klik tombol “cook”.
  • Tunggu sampai matang dan biarkan beberapa saat sebelum dimakan.

Gimana? Penasaran? Cobain aja yuk ^^v

Noted: Untuk isiannya, resep menyusul mak ahahaha.. lagi males nulis lagi heuheu..

Posted in Dapur Emak, informasi, kuliner, photo

Bolu Kukus, No Mixer, No Egg

Yaaa.. seperti dijudulnya, ini tuh buatnya gampang pake banget. Tapi kenyataannya ga semudah itu kakak. Bolkusku ga ngembang sempurna lagi! Iyak lagi wakakak..
Tapi feelingku sih karena kali ini ga pakai baking soda hihihi.. Lah iya yaaa.. gimana mau ngembang tu kue hehehe..

Sumber inspirasinya lagi-lagi dari grup KAMI Dapur Emak Depok, Mak Vita. Makasih ya mak, walaupun aku masih gagal juga ahahaha..

WhatsApp Image 2018-11-28 at 12.29.27

Bolkus No Mixer, No Egg
Recook by Mirmayf

Bahan:

  • Tepung terigu 200 gram
  • 200 gram gula halus
  • Minyak kelapa 100 ml
  • Susu cair 250 ml
  • Baking powder 1 sdt
  • Baking Soda 1/2 sdt (skip karena ga punya)
  • 3 sdm coklat bubuk (ganti jadi susu milo bubuk 2 pcs)
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

  • Masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan gula halus.
  • Campurkan minyak kelapa dan aduk rata.
  • Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sampai rata.
  • Masukkan ke dalam cetakan dan kukus sampai matang kurleb 15 menit.

Noted :

  1. Pastikan dandang telah panas sebelum mengukus adonan.
  2. Gunakan api besar.
  3. Alasi tutup panci dengan kain serbet agar uap tidak menetes.
  4. Isi adonan sampai full ke dalam cetakan.
  5. Jangan masukkan adonan terlalu banyak sewaktu mengukus, biar hasilnya maksimal.

dan mengalasi tutupan panci dengan kain serbet agar uap air tidak menetes.