life is tough, so calm down….

cuma dan hanya menyalurkan hobi gw ^_^

Berenang yuk..

Dinda berenang! Yihaaaaaaa.. bundanya yang paling seneng hehehe..

Diumur dinda yang sudah 4,5 bulan, bundanya agak telat nih untuk ngajak dinda berenang. Padahal dari dinda umur 2 bulan udah beli neck ring, tapi apa daya, kolam renang hadiah lahiran dinda ukurannya ga kira-kira besarnya (300cmx200cmx56cm) ditambah lagi dari hasil membaca petunjuknya, ternyata kolan renang itu untuk anak diatas 3 tahun huuuuu.. jadi nunggu untuk memakainya masih cukup lama ni😀

ketika menjelang umur dinda 4 bulan, bunda harus googling lagi, pesen lagi, dan bayar lagi  buat beli kolam renang yang tipe 5 ring (100cmx100cmx75cm). jadi kali ini neck ring bisa digunakan, ngisi airnya ga terlalu banyak banget, kaki dinda juga bisa dilurusin.

klo dari hasil search di kaskus ada yg nulis begini ni :

Sebenarnya seorang anak sudah dapat diajarkan berenang, sebab saat di dalam kandungan, seorang bayi telah terbiasa berada di dalam cairan selama 9 bulan. Dalam cairan ketuban, seorang bayi akan merasa nyaman dan hangat. Karena itu sejak lahir, si kecil telah memiliki kemampuan instingtif untuk bergerak di bawah air dan tidak takut saat berada di dalam air.

Pada usia sekitar empat bulan, seorang bayi telah punya ‘reflek menyelam’ yang mencegahnya menelan air saat berada di dalam air. Itu sebabnya, di usia ini si kecil akan sangat mudah untuk dilatih berenang. Tapi setelah otaknya berfungsi dengan baik, reflek ini akan berangsur menghilang, sehingga mau tak mau ia harus kembali belajar menahan napas di dalam air.

jadi wajar dech klo ada ibu yang mengajak bayinya berenang dari umur 1 bulan (walaupun biasanya kakek nenek atau keluarganya yg panik)😛

oia, sekarang mim mau share ni, gimana caranya mengenalkan bayi untuk berani berenang, dalam hal ini percobaannya adalah pada dinda hehehe..

sebelum mulai berenang :

  • Untuk pertama, siapkan dulu ni kolam renangnya (bisa juga dengan kolam kamar mandi kalau ga da kolam renang plastik). diusahakan dengan air hangat. tetapi apabila bayi sudah diajarkan untuk mandi menggunakan air yang sudah agak dingin, kita bisa menggunakan air dengan suhu yg sama seperti waktu mandi. kemarin sih dinda cuma nambah 1 panci air panas (mendidih ya) jadi ga dingin dan ga hangat juga😛
  • Siapkan dulu peralatan tempurnya seperti handuk, minyak telon, pakaian bersih dll.
  • Kondisi bayi harus dalam keadaan senang. ini penting banget!!!! hehehe.. kenapa? karena klo ga, dia akan langsung teriak dan nangis kencang😛 jadi pastikan bayi cukup tidur dan kenyang.
  • Klo udah,  ayooooo..berenang!😀

mulai berenang :

  • Mulai ajak bayi untuk menyentuh air. ujung kakinya dulu, trus tangannya dulu. ajak bayi bermain dengan air.
  • Setelah itu, mulai dech kaki bayi dimasukkan kedalam air sampai pinggangnya. biasanya sih untuk pertama kali kakinya akan diangkat. dicoba terus aja sampai dia merasa nyaman. tapi ingat, jangan dipaksa ya. takutnya nanti bayi menjadi trauma dengan air dan berenang.
  • Mulai mengajak bermain dengan menceburkan bayi seluruh badannya ke kolam. masih tetap dipegangi ya.
  • Klo sudah nyaman, angkat badan bayi sedikit, pakaikan neck ring.
  • Diawal bayi memakai neck ring, jangan lepaskan tangannya. harus bertahap ngelepasnya. jadi biarkan bayi merasa nyaman dan yakin dulu klo neck ring mampu menahan beban dy dan ga akan tenggelam. klo dinda sih sempat diyakinkan dulu dengan menyentuhkan kakinya ke dasar kolam karena ngisi airnya ga sampai semuanya (hampir 4 ring atau sekitar 55-60cm).
  • klo sudah benar2 berani, lepaskan dech pegangan kita dan biarkan bayi bereksplorasi sendiri. dinda langsung muter2, pakai posisi berenang gaya bebas sampe gaya katak dan gaya-gaya ga jelas lainnya.
  • setelah kurang lebih 15 menit sampai 20 menit, angkat dech dari kolam renang. jangan kelamaan ya, nanti kedinginan bayinya.

setelah berenang :

  • Selimuti dengan handuk supaya badannya tidak kedinginan.
  • Berikan susu lagi biar kenyang karena cape habis berenang. Selain itu juga menghindari bayi rewel.
  • Setelah itu baru dech mandikan bayi agar badannya bersih lagi dan wangi walaupun berenangnya dikolam renang sendiri ya. waktu dinda berenang, mim milihnya pagi hari sebelum mandi pagi (walaupun jam mandinya dirubah jadi lebih siang). oia, air mandinya juga harus yg hangat yaaaa.. menghindari bayi lebih kedinginan.
  • Pakaikan baju yang nyaman dech.
  • Selesai!😀

jadi gitu dech cerita berenangnya dinda.. ada yg mau ikutan? yuk main kerumah dinda😉

Single Post Navigation

8 thoughts on “Berenang yuk..

  1. hahahaha….kegedean ya mam kolam renangnya :p, pan mami yg minta, “ukuran kolamnya yg gede ya bun, biar muat sama emaknya juga”, kekekeke ^.^v

  2. parah pipinya gemesin parahhhhh. Pengen aku cubit

  3. huaaa, lucunyaa
    itu lucu banget kepala dinda nyembul dari pelampung, hehe

  4. mbaa..minta suggestion dunks, aku kan mau ngadoin temen baby swimming pool ini, mending yang ukuran berapa ya? babynya baru lahir, sih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: