Posted in Uncategorized

Sushi Ala Bunda

Disaat 12.12 ada harbolnas dan mendadak kepengen beli nori lembaran yang besar, maka saatnya kita bikin “Sushi-sushian” ahahaha..
Kenapa namanya Sushi Ala Bunda, karena ini terinspirasi dari masakan beberapa emak di Cookpad, tapi berhubung ga mau ribet, Bunda langsung masukkin bahan yang ada aja 🙂
Oiaaa, untuk sushi, pembuatannya kan digulung. Biasanya pakai bamboo roll mat atau sejenisnya. Naaah.. kalau ga da, bisa pakai plastik kiloan yang dilebarin koq hehehe.. Soalnya aku begitu. Bamboo roll mat nya ketinggalan dirumahku, sedangkan aku lagi ngungsi dirumah bapak. Jadi bisa pakai apa aja yaaa mak ^^v

Kepo? sini merapat..

WhatsApp Image 2018-12-14 at 17.49.04

Sushi Ala Bunda
By Mirmayf

Bahan:

  • 3 centong nasi putih yang masih panas/hangat.
  • 2 sdm air jeruk nipis, 1 sdt garam dan 1 sdt gula.
  • 1 buah timun sayur, buang biji-bijian ditengahnya dan iris memanjang.
  • 1 buah alpukat matang, iris memanjang.
  • 2 telur yang dijadiin Egg Sheet TEGUNA tanpa sisipan nasi, iris memanjang.
  • 300 gram Saos daging keju yang sudah dikeringkan airnya. supaya tidak terlalu basah.
  • 5 lembar nori ukuran besar.

Cara buat:

  • Campur air jeruk nipis, garam, gula. Masukkan ke dalam nasi. Aduk-aduk sampai rata dan nasi menjadi pulen.
  • Siapkan nori dan letakkan diatas alas untuk menggulung.
  • Susun nori, kemudian nasi ditaruh tipis-tipis mengisi 1/3 dari panjang nori. Isi diatas nasi, timun, egg sheet, alpukat kemudian saos daging keju.
  • Gulung perlahan sambil diberi tekanan. beri olesan air diujung agar nori menempel.
  • Potong nori menggunakan pisau yang sudah dicelupkan kedalam air matang. fungsinya agar tidak lengket dan nori tidak hancur ketika dipotong.
Posted in Dapur Emak, informasi, kuliner, photo, Uncategorized

Telur Gulung Nasi

Masih seputar masak memasak yang sumpah, gampaaaaang banget. Ga pake ribet cyn.. Ada telur gulung nasi yang terinspirasi dari resep Egg sheet nya mak lusy dari grup KAMI Dapur Emak.

Lah namanya keren amat ya? tapi sumpeeeh, ini mudah, meriah, kenyang hihihi.. ^^ Cuss lah langsung eksekusi aja.

WhatsApp Image 2018-12-06 at 06.30.17

Telur Gulung Nasi
Recook by Mirmayf

Bahan:

  • Telur ayam 2 butir
  • 1 sdm susu uht cair (waktu itu lagi ga da, jadi diganti air putih aja)
  • 1 sdm maizena
  • Sedikit garam
  • Sedikit Lada (optional)
  • 3 sdm nasi

Cara membuat:

  • Tuang susu UHT (atau air) dan maizena, aduk hingga rata.
  • Campur dengan telur, kemudian kocok hingga tercampur.
  • Lalu saring supaya ga da “grindil tepung”.
  • Goreng di pan anti lengket, tipis-tipis aja.
  • Masukkan nasi sebelum telur yg didadar kering.
  • Gulung perlahan dan terus tambah adonan telur dibagian pan yang masih kosong.
  • Potong-potong dan “TEGUNA” sudah bisa disantap anak yang mau sekolah tapi males makan hihihi..
Posted in Dapur Emak, informasi, kuliner, photo

Beef Steamed Rice

Halloooo.. Mim datang lagi. Kali ini masih dalam rangka memanfaatkan apa yang ada dan kebetulan Mak Dita ngeshare resep yang simple, praktis plus yummy pula..
Modifikasi sedikit dan akhirnya langsung deh menuju ke dapur malam-malam hehehe..

WhatsApp Image 2018-12-06 at 19.27.50
Beef Steamed Rice

Bahan :

  • Nasi Secukupnya
  • Saos tomat daging keju yang sudah pernah mim buat dan sebagian masuk freezer
  • 1 butir telur
  • 100 ml susu uht
  • Lada bubuk dan garam secukupnya
  • 200 gram keju parut

Cara buat:

  • Siapkan panci untuk mengukus.
  • Kocok telur, campur dengan susu UHT plus lada dan garam.
  • Siapkan aluminium cup, olesi dgn minyak goreng.
  • Tata nasi dibagian bawah secukupnya, lalu tutup dengan memberikan keju parut. masukkan saos tomat daging keju yang banyak.
  • Siram dengan susu telur yang tadi dicampurkan, secara perlahan. Biarkan susu meresap ke nasi dahulu. Kemudian siram kembali sampai penuh dan lagi-lagi taburi kejuuuu.. hmmm.. seru banget.
  • Kukus 15 s.d. 20 menit.
  • Angkat dan biarkan sebentar sampai uap panasnya hilang.
  • Sajkan ke anak-anak deh. dijamin betah makannya hehehe..
Posted in Uncategorized

Saos Tomat Daging Keju

Ini adalah cerita ketikaaaaa.. Paksu datang dan membawa 1 kg daging cincang.. #Yuhuuuuuu

Saat bingung mendera, eh digrup Kelas Minat Dapur Emak – IIP Depok ngasih ide.. CRING!! Jadilah saos tomat daging keju. Lumayan mak, jadi punya stok saos yang nantinya siap pakai ketika kepepet belum sempat masak hehehe..

WhatsApp Image 2018-12-05 at 14.23.36

Bahan-bahannya :

  • Daging cincang 500 gram
  • Tomat merah 5 buah
  • Bawang putih 7 butir
  • Bawang bombay 1/2 butir (karena kehabisan stok)
  • Susu cair 400 ml
  • Keju 100 gram
  • Saos sambal 2 sdm
  • Lada bubuk 1 sdt
  • Kaldu jamur 1/2 sdt
  • Gula, garam secukupnya

Cara Membuat:

  • Didihkan air, masukkan tomat merah yg sudah dicuci bersih. ketika kulit tomat sudah mulai terkelupas, angkat dan haluskan. Sisihkan.
  • Cincang bawang putih dan bawang bombay.
  • Tumis bebawangan sampai harum, masukkan daging cincang yg sudah dicuci bersih. Jika daging sudah berubah warna, masukkan tomat yang telat dihaluskan.
  • Tunggu sampai mendidih dan mulai mengental. masukkan lada, gula, garam, kaldu. aduk rata.
  • Masukkan susu dan keju. Aduk sampai lebih mengental lagi. Sebenarnya bisa ditambahkan maizena biar lebih kental. Tapi lagi2 yang masak malas gerak ahahaha..
  • Tunggu sampai 5 menit. matikan kompor dan siap disajikan bareng pasta maupun nasi.

Hmm.. Yummy plus simple buat mim yaaaang begitulah kalau masak 😆
Oia, kalau mau pedas, tambah saos sambal atau cabe giling yang banyak yak. itu tadi porsinya anak2 biar ga kepedesan 😅

Posted in Dapur Emak, kuliner

Nasi Kuning Rumahan (Rice Cooker)

Bisa dibilang si Mirma ini ga bisa masak atau nyoba masak. Eh pas cuti, ngerasa butuh banget masak memasak hehehe.. pas digrup Dapur Emak IIP Depok ada yang ngeshare naskun yg masaknya simple pake banget.

Langsung deh eksekusi. Rasanya enak sampai anak-anak ga berenti makan ini ahahaha.. nambah sampe 3 kali ni Abang Razzan. Daripada kepo, langsung aja mak ke dapur. Dijamin bikin nagih deh hehehe..

WhatsApp Image 2018-11-29 at 19.44.50

Nasi Kuning Rumahan (Rice Cooker)
Recook by Mirmayf

Bahannya:

  • Beras 5 cup
  • Santan cair 5 cup
  • Kunyit bubuk 1 sdm
  • 4 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh (geprek)
  • Gula, garam secukupnya

Cara masak:

  • Cuci bersih beras, masukkan kedalam rice cooker.
  • Masukkan santan cair. Oia sebelumnya santan aku masak dulu sambil diaduk terus menerus biar ga pecah (kata ibuku dulu begitu) 😆
  • Masukkan semua bumbu dan klik tombol “cook”.
  • Tunggu sampai matang dan biarkan beberapa saat sebelum dimakan.

Gimana? Penasaran? Cobain aja yuk ^^v

Noted: Untuk isiannya, resep menyusul mak ahahaha.. lagi males nulis lagi heuheu..

Posted in Dapur Emak, informasi, kuliner, photo

Bolu Kukus, No Mixer, No Egg

Yaaa.. seperti dijudulnya, ini tuh buatnya gampang pake banget. Tapi kenyataannya ga semudah itu kakak. Bolkusku ga ngembang sempurna lagi! Iyak lagi wakakak..
Tapi feelingku sih karena kali ini ga pakai baking soda hihihi.. Lah iya yaaa.. gimana mau ngembang tu kue hehehe..

Sumber inspirasinya lagi-lagi dari grup KAMI Dapur Emak Depok, Mak Vita. Makasih ya mak, walaupun aku masih gagal juga ahahaha..

WhatsApp Image 2018-11-28 at 12.29.27

Bolkus No Mixer, No Egg
Recook by Mirmayf

Bahan:

  • Tepung terigu 200 gram
  • 200 gram gula halus
  • Minyak kelapa 100 ml
  • Susu cair 250 ml
  • Baking powder 1 sdt
  • Baking Soda 1/2 sdt (skip karena ga punya)
  • 3 sdm coklat bubuk (ganti jadi susu milo bubuk 2 pcs)
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

  • Masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan gula halus.
  • Campurkan minyak kelapa dan aduk rata.
  • Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sampai rata.
  • Masukkan ke dalam cetakan dan kukus sampai matang kurleb 15 menit.

Noted :

  1. Pastikan dandang telah panas sebelum mengukus adonan.
  2. Gunakan api besar.
  3. Alasi tutup panci dengan kain serbet agar uap tidak menetes.
  4. Isi adonan sampai full ke dalam cetakan.
  5. Jangan masukkan adonan terlalu banyak sewaktu mengukus, biar hasilnya maksimal.

dan mengalasi tutupan panci dengan kain serbet agar uap air tidak menetes.